Selasa, 04 Desember 2012

Perubahan

Saya sebagai guru ingin melihat siswa yang saya ajar mengalami perubahan.  Mereka berubah  dalam hal kognitf (intelektual), dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari kebingungan menjadi kejelasan.  Kemudian, secara afektif, mereka dapat mengintegrasikan pengetahuan dan sikap hidup mereka sehari-hari, dan secara psikomotorik mereka sungguh berani mengambil sebuah tindakan yang positif, untuk kemajuan diri dan lingkungan, tidak melulu hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungannya.  Dia tidak egois, tetapi altruis.   Itulah perubahan yang diimpikan.  

Sebagai seorang murid Kristus, kita pun ingin perubahan yang terjadi.  Paulus mengatakan perubahan dalam budimu.  Perubahan yang secara menyeluruh dalam keberadaan kita sebagai orang yang mau belajar, mau taat, mau mendengarkan, dan melaksanakan apa yang Kristus ajarkan (yang bisa kita temukan di lembaran Alkitab kita).

Mari kita mengadakan perubahan, mulai dari diri sendiri, dan sebagai guru, kita akan menjadi sebuah contoh perubahan itu.


Tidak ada komentar: